Cara Mudah Membersihkan Komputer Dari Virus

Post by Zaenudin Saja on Sabtu, 16 Oktober 2010
Cara Mudah Membersihkan Komputer Dari Virus | Computer Tips and Tricks - Ada yang pernah mengatakan "jangan bermain dengan windows pada komputer Anda jika komputer Anda ingin aman dari virus". Menurut Saya, OS apapun yang kita gunakan tidak menutup kemungkinan dapat terserang virus karena semakin berkembang pesatnya pengetahuan dan technology maka semakin berkembang juga daya pikir para ahli yang suka membuat virus untuk merusak komputer orang lain dan mencuri data-data penting yang ada pada pc orang lain.

Meskipun demikian, pasti ada juga para ahli yang dapat menciptakan penangkal virus-virus tersebut berupa software anti virus sehingga dapat membantu mengamankan pc kita dari serangan virus-virus tersebut dan membasmi virus-virus yang sudah menyerang lebih dahulu sebelumnya.

Pada Computer Tips and Tricks kali ini Saya akan berbagi pengalaman dalam membasmi virus-virus yang pernah ada di komputer Saya menggunakan Avast5 Free Anti Virus.

Mengapa Avast? karena avast lah menurut Saya yang cocok untuk membersihkan virus-virus di komputer Saya. Selain fiture nya yang lengkap avast juga sangat ringan dipakai di pc sehingga tidak membuat pc Saya lemot, apalagi dengan auto block malwarenya. Setiap ada virus yang terdeteksi, otomatis langsung ditelan dan di masukan kedalam virus chessnya sehingga kita tidak perlu melakukannya secara manual.

Saya pernah pakai avira, tapi membuat pc jadi lambat dan setiap mendeteksi adanya virus, kita harus melakukan tindakan secara manual apakah mau mendeletenya atau meng quarantine nya. Hal ini menurut Saya agak mengganggu. Kalau Anda terserah mau pakai anti virus apa saja yang menurut Anda dapat di andalkan.

Baiklah, berikut ini adalah cara membasmi virus komputer dengan avast5 free antivirus:

1. Matikan dulu system restore pc Anda agar virus yang sudah di lahap avast tidak dapat aktif lagi ketika komputer di restart,

2. Jalankan avast. Di menu scan computer, aktifkan boot time scan, pilih all hardisk. Set ke "Move to chess" pada action yang akan dilakukan avast dalam membasmi virus sehingga jika ada false alarm atau salah delete pada file yang dianggap sebagai virus oleh avast maka kita masih bisa merestore nya kembali,

3. Klik schedule now, biasanya avast akan meminta Anda untuk me-restart pc Anda dan scanning akan dilakukan pada saat pertama komputer booting sebelum log on sehingga virus-virus akan ter block otomatis sebelum virus-virus tersebut melakukan aksinya,

4. Biarkan avast melakukan scan sampai finish dan menelan semua virus kedalam perutnya yang di sebut chess. Jika pada saat mendeteksi virus kemudian avast meminta Anda untuk memilih tindakan apa yang harus dilakukan apakah delete, move to chess, atau ignore. Pilih move to chess.

5. Setelah avast selesai melakukan scanning, komputer Anda akan log on seperti biasa dan komputer Anda sudah terbebas dari virus.

Jika Anda masih penasaran apakah benar virus-virus dikomputer Anda sudah tertelan semua oleh avast, Anda bisa melakukan test dengan anti virus lainnya, misalnya pakai avira antivirus tapi jangan menginstall aviranya karena jika lebih dari satu anti virus yang terinstal di komputer Anda, anti virus akan kesulitan dalam membasmi virus yang di deteksi secara bersamaan oleh kedua anti virus tersebut dan biasanya membuat pc Anda jadi hang/crashed dan harus di restart. Jika begitu, si virus-virus tetap aman dalam melakukan aksinya.

Lalu bagaimana cara mengetes dengan avira pada komputer yang sudah terinstall avast? Anda dapat menggunakan avira scancl (avira command line scanner) yang hanya bisa di jalankan jika Anda mempunyai license key avira versi berbayar.

Avira scancl ini tidak memerlukan instalasi karena merupakan aplikasi portable yang dapat digunakan tanpa harus meng installya terlebih dahulu yaitu avira premium dan avira internet security, yang diperlukan hanya file Hbed.key dan virusdatabase-nya karena jika tanpa kedua file tersebut maka avira scancl tidak dapat digunakan. Jika Anda ingin menggunakan layanan ini secara gratis, dapatkan versi trialnya yang satu bulan full version license key yang dapat Anda dapatkan dengan gratis (update: sudah tidak berlaku lagi).

Jika Anda lebih tertarik dengan Avira silakan saja beli yang internet security-nya tetapi jika Anda lebih tertarik dengan avast silakan juga untuk membeli yang avast pro atau avast internet security di Avast[dot]com atau mau yang free nya juga tidak apa-apa, Saya juga pakai yang avast free nya.

Kira-kira seperti itulah cara yang Saya lakukan dalam membasmi virus di pc Saya. Perlu diingat, komputer yang kita anggap sudah bersih dari virus karena anti virus kita tidak lagi mendeteksi adanya virus yang tersisa tidak menjamin 100% bahwa tidak ada virus lagi di pc tetapi setidaknya pc kita sudah teramankan dari ancaman virus jahat, sekalipun ada virus yang tersisa pasti virus itu tidak terlalu berbahaya dan tidak mengganggu pc kita, karena jika virus tersebut berbahaya dan mengganggu maka anti virus akan langsung melahapnya ketika virus tersebut hendak bangkit dari tidurnya.

2 komentar:

  1. ketika saya scan avast free saya scan cepat tidak ada terdeteksi bro. dan saya scan lagi secara keseluruhan malah terdeteksi lagi 1 virus. saya pilih bersikan otomatis. apa virus nya udah hilang atau kalo di scan lagi akan terdeteksi lagi bro?

    BalasHapus

Mohon maaf jika komentar anda ada yang belum atau tidak saya balas karena saat ini saya sedang jarang mengurus blog. Jika ada pertanyaan yang penting untuk saya jawab silakan sms atau email atau add ym saya yang ada di menu contact. Dan yang terakhir, mohon jika anda melakukan copy-paste dari blog saya harap agar menyertakan blog ini sebagai sumbernya dan mohon untuk tidak melakukan link spam dalam komentar. Terima kasih.

Blog Archive

Total Page View

Copyright © ZAENUDIN DOT COM | Template design by Zaenudin